Popular Posts

Thursday, October 3, 2013

aspergillus niger


Oleh Amar Ma’ruf
Teknik Kimia UMS

Berbagai jenis mikroorganisme seperti bakteri, fungi dan actinomicetes diketahui dapat menghasilkan selulase (Gerhatz, 1990). Jenis bakteri yang bias menghasilkan selulase adalah Pseudomonas, Cellulomonas, Bacillus, Micrococcus, Cellovibrio, dan Sporosphytophaga (Indrawati Gandjar, 2006). Sedangkan jenis fungi yang biasa digunakan dalam produksi selulase antara lain sebagai berikut: Aspergillus niger (Usama dkk, 2008; Immanuel dkk, 2006; Ikram dkk, 2005; Omojalosa dkk, 2008; Narasimha G dkk, 2006), Aspergillus fumigates (Immanuel dkk, 2006), Aspergillus nidulans (Usama dkk,2008), Neurospora sitophila (Kurnia dkk, 2002), Tricoderma viride (Ikram dkk, 2005), Tricoderma longibrachiatum, dan Saccharomyces cerevisiae (Omojalosa dkk, 2008). Fungi dari jenis Tricoderma dan Aspergillus sangat banyak ditemui sebagai penghasil hemiselulase (Gerhatz, 1990). Aspergillus niger merupakan salah satu jenis jamur yang memiliki kemampuan yang tinggi dalam menghasilkan berbagai enzim yang penting peranannya dalam bidang pangan seperti selulase (Reed, 1975). Secara luas Aspergillus didefinisikan sebagai suatu kelompok nukosis penyebab dari fotogenosa yang bermacam-macam, Aspergillus niger termasuk ke dalam kelas  Ascomycetes. Di dalam industri Aspergillus niger banyak dipakai dalam proses produksi asam sitrat. Sedangkan di dalam laboratorium digunakan untuk mempelajari tentang metabolisme pada jamur dan kegiatan enzimatis. Pada penelitian ini digunakan Aspergillus niger karena spesies ini termasuk fungi berfilamen penghasil selulase dan crude enzyme secara komersial serta penanganannya mudah dan murah. Fungi-fungi tersebut sangat efisien dalam memproduksi selulase.
Ciri-ciri umum dari Aspergillus niger antara lain:
·         Warna konidia hitam kelam atau kecoklatan dan berbentuk bulat.
·         Bersifat termifilik, tidak terganggu pertumbuhannya karena adanya peningkatan suhu.
·         Dapat hidup dalam kelembaban nisbi 80 (Indrawati Gandjar, 2006).
·         Dapat menguraikan benzoat dengan hidroksilasi menggunakan enzim benzoate-4 hidroksilase menjadi 4-hidroksibenzoat.
·         Memiliki enzim 4-hidroksibenzoat hidroksilase yang dapat menghidrolisa 4-hidroksibenzoat menjadi 3,4-dihidroksi benzoat.
·         Natrium & formalin dapat menghambat pertumbuhan Aspergillus niger.
·         Dapat hidup dalam spons (spons Hyrtios Proteus) (Osterhage, 2001).
·         Dapat merusak bahan pangan yang dikeringkan atau bahan makanan yang memiliki kadar garam tinggi.
·         Dapat mengakumulasi asam sitrat.

Daftar Pustaka:


Ali, Usama F., Hala S. Saad El-Dein. 2008. Production and Partial Purification of Cellulase Complex by Aspergillus niger and A. nidulans Grown on Water Hyacinth Blend. Journal of Applied Sciences Research, 4(7): 875-891.

Dewi, Kurnia Herlina. 2002. Hidrolisis Limbah Hasil Pertanian Secara Enzimatik. Akta Agraria Vol. 5 No. 2 hlm. 67-71.
Gandjar, Indrawati. 2006. Mikologi Dasar dan Terapan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Gerhartz, W. 1990. Enzymes in Industry: Production and Applications. VCH Verlagsgesellschaft mbH. D. 6940 Weinheimp. 81-82.

Ikram-ul-haq, Muhammad Mohsin Javed, Tehmina Saleem Khan and Zafar Siddiq. 2005. Cotton Saccharifying Activity of Cellulases Produced by Co-culture of Aspergillus niger and Trichoderma viride. Res. J. Agric & Biol. Sci. 1(3):241-245.

Omojasola, P. Folakemi, Omowumi Priscilla Jilani, S. A. Ibiyemi. 2008. Cellulase Production by some Fungi Cultured on Pineapple Waste. Nature & Science 6 (2), pp. 64-75.

      Reed, G. 1975. Enzymes in Food Processing. Academic Press. New York. PP. 212.
 

6 comments:

  1. duhh,, koq tidak ada daftar pustakanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf atas ketidaknyamanan pengunjung,,, trima kasih atas masukkannya,,
      daftar pustaka untuk Aspergillus niger sudah kami publish,,, trima kasih semoga bermanfaat..

      Delete
  2. ok, maaf atas ketidaknyamanan pengunjung,,, ,, kami akan tampilkan daftar pustakanya,,,, terima kasih atas masukannya....

    ReplyDelete
  3. daftar pustaka sudah kami publish,, trima kasih semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  4. jual Aspergillus niger
    085741862879

    ReplyDelete